Skip to content

Retro Blog

Artikel Suka-Suka

1 Ambon ibukota Maluku, memang terkenal sebagai kota pesisir yang dikelilingi laut. Tentu saja di Ambon terdapat banyak sekali wisata Pantai yang terkenal. Mungkin bagi sebagian orang pantai Natsepa sudah tidak asing lagi. Namun pada artikel kali ini saya tidak akan membahas pantai Natsepa, tapi sebuah obejk wisata lain di Ambon yang sangat eksotis

Pintu Kota, begitulah sebutan untuk areal wisata ini. Terletak sekitar 45 – 60 menit dari pusat kota ambon, jika ditempuh dengan kendaraan darat. Wisata pantai yang terletak di desa Latuhalat ini terkenal karena terdapat sebuah tebing yang karena terkikis oleh deburan ombak selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan tebing berlubang dan membentuk seperti lorong. Uniknya lagi, Ketika kita melayangkan pandangan kita melalui celah-celah lubang pada tebing tersebut, maka kita akan langsung dihadapkan dengan hamparan laut Banda yang terkenal itu.

2Lubang pada tebing yang mengarah langsung ke arah laut Banda

Lubang yang terdapat pada tebing berdiameter cukup luas sehingga muat untuk dilewati 2 buah truk. Dengan dinding tebing yang terdiri dari batuan karang yang cukup tajam dan berwarna coklat gelap, maka terlihat sangat kontras dengan laut dan langit, menambah keindahan tebing yang eksotis ini. Tempat berpijak di sekitar pantai di dominasi oleh bebatuan yang cukup tajam, jadi kita harus hati-hati saat melangkahkan kaki diantara bebatuan.

4Warna kontras antara tebing dengan laut dan langit terlihat sangat mempesona

Selain sebagai tempat wisata dan berfoto, lokasi ini juga terkenal sebagai tempat penyelaman, karena memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah indah nya. beikut spesifikasi nya:

Dive site name: Pintu Kota
Area: Ambon
Average depth: 20 meter
Maximum depth: 35 meter
Average horizontal visibility: 15 meter
Minimum water temperature: 25° C
Maximum water temperature: 30° C
Bottom contour: Steep Slope
Bottom composition: Coral reef, Vegetation, Rock
Current: Long shore
Marine life: Jack, Trevallies, Snapper, Fussilier, Barracuda, Sweetlips, Grouper, Anthias, Parrot, Trigger, Puffer, Flounders, Gobies, Moray eels, Scorpion, Blennies
Coral reef: Good
Type of coral reef: N/A
Type of diving: Boat, Drift
Highlight: Schooling of Jack-Snapper-Fusiliers-Barracuda; manta ray, tuna, napoleon wrasse, bumphead, Underwater Arch
Caution: Strong Current
Recommended for: Experienced Divers

Sumber: http://www.indonesiadivedirectory.com/dive-site/pintu_kota

3
Tempat berpijak yang didominasi oleh bebatuan

5
Foto Saya ketika berada di Lokasi Wisata Pintu Kota

Sebagai informasi tambahan, pintu masuk ke dalam lokasi wisata ini ada 3 jalur yang berbeda. Untuk masuk dan turun ke lokasi wisata ini saya harus menuruni anak tangga yang terbilang cukup banyak, dan ketika kembali harus kembali mendaki melewati anak tangga tersebut. Meskipun cukup melelahkan, namun rasanya sepadan dengan keindahan yang didapat.

6Anak tangga yang harus dilewati ketika ingin memasuki area wisata Pintu Kota

Demikian sedikit pengalaman saya ketika berwisata ke lokasi wisata Pantai Kota di Ambon Maluku. Salam Sejahtera.

*konten foto diatas adalah milik penulis dan diambil sendiri oleh penulis.

Tags: , , , , ,

%d bloggers like this: